Paket Tour Raja Ampat, Tour Raja Ampat, Travel di Raja Ampat

Objek wisata di Papua ini banyak menawarkan pesona keanekaragaman hayati, yang boleh dibilang cukup melimpah. Disini Anda bisa menemukan sekitar 540 jenis karang dan 1.511 spesies ikan. 75 % species karang yang ditemukan di seluruh Dunia ada disini, yang jumlahnya sekitar 10 kali lipat jumlah jenis karang yang pernah ditemukan di seluruh karibia. Anda juga akan menemukan 27 species ikan langkah yang hanya ada di sini. Selain itu disini juga terdapat 5 species penyu laut langkah, 13 species hewan mamalia laut, dan 57 species udang mantis. Jadi bisa dibayangkan keunikan yang dimiliki oleh destinasi wisata ini.

 

Pesona pemandangan laut yang elok, yang bisa di lihat baik itu dari bawah dan atas laut akan menghipnotis Anda. Untuk itu sebaiknya Anda tidak melewatkan moment berharga pada waktu berkunjung kesana. Kondisi ini ini didukung oleh struktur tanah yang endemik, kekayaan biota laut serta kebudayaan dan kearifan penduduk lokalnya. adapun kegiatan yang bisa anda lakukan di sini adalah sebagai berikut :

1. Menjelajahi pulau Raja Ampat dengan menggunakan perahu.

2. Melakukan permainan kayak.

3. Menyelam untuk menyaksikan sisa-sisa reruntuhan kapal di bawah laut.

4. Menikmati indahnya pulau-pulau karang (karst) di sekitar Pulau Wayag.

5. Mengunjungi burung cenderawasih merah khas Papua Barat.

6. Memancing secara tradisional Papua.

7. Memberi makan kuskus.

8. Menjelajahi gua kelelawar (bukan kelelawar varietas Dark Knight).

9. Membuat patung kayu sendiri yang dipandu oleh pengrajin Asmat.

10. Snorkeling.

11. Trekking untuk menemukan air terjun.

Selain itu Anda juga bisa menyaksikan “Hantu Laut“, yang merupakan fenomena alam yang unik serta menarik, yang letaknya berada di bagian Timur Waigeo, Fenomena ini terbentuk oleh sebuah sinar yang berasal dari air laut atau fenomena pemandangan sunset, yang bisa disaksikan diatas perahu dan mengitari permukaannya dengan kurun waktu 10 -18 menit. fenomena ini hanya bisa dilihat setiap akhir tahun saja.

Tidak hanya itu dibagian barat dan utara kawasan Waigeo, ada sebuah pertunjukan permainan suling bambu tradisional yang oleh masyarakat sekitar yang disebut dengan suling tambur. Biasanya pertunjukan tradisional ini diadakan apabila ada sebuah festifal keagamaan atau pada saat peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ( 17 Agustus ) serta dalam upacara penyambutan kunjungan pejabat ( pemimpin ) penting.

Pesona Gua Tomolol. dikawasan ini Anda akan dibuat kagum dengan pemandangan di Gua Tomolo, lukisan telapak tangan manusia serta hewan – hewan yang mempunyai ukuran sangat besar tergambar di dinding goa. Konon lukisan ini di buat pada masa jaman prasejarah.

Tidak hanya itu di sebelah utara Waigeo, Anda juga dapat menikmati wisata sejarah yang juga berbentuk gua yang merupakan peninggalan perang Dunia ke II. Goa ini konon merupakan tempat pasukan Belanda dan Jepang membangun bungker. Selain itu Anda juga bisa menikmati keunikan kebudayaan masyarakat setempat yang disajikan dalam sebuah tarian perang. Disini juga ada destinasi wisata air terjun, dan pastinya apabila Anda kesana tidak boleh di lewatkan.

 

Destinasi berikutnya adalah Pulau Ayau, Pulau Ayau merupakan kumpulan pulau – pulau kecil yang terletak di Kepulauan Karang, dengan ukuran yang sangat besar dan dasar lautnya berpasir putih, Pulau Ayau bisa menghubungkan satu pulau dengan pulau yang lainya. Tidak hanya itu, tidak jauh dari tempat ini Anda juga bisa menikmati pulau – pulau dengan pasir yang unik yang disebut “Zandplaat”. Tempat ini merupakan habitat unik dari vegetasi lokal yang ada di Raja Ampat. Anda juga bisa menyaksikan masyarakat setempat kususnya ibu – ibu dan anak – anak menangkap cacing laut atau insonem.

Selain itu Anda bisa juga mengunjungi Waigeo Selatan, yang merupakan sebuah destinasi favorit penggemar diving. Tidak jauh dari Waigo Selatan Anda juga bisa menemukan destinasi wisata pulau karang Kabui Bay, Gua tengkorak dan juga destinasi wisata bersejarah Raja Ampat di Kali Raja. Anda juga bisa menyaksikan tari Salay di Saonek, berbagai jenis satwa burung di Desa Sawinggrai dan Yenwaupnor, serta wisata kerajinan anyaman di Arborek. Disini Anda juga bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk menyaksikan sekelompok ikan pari berenang. Kemudian apabila Anda melanjutkan kekawasan Sawandarek, Anda dapat menyaksikan pantai pasir putih dengan karang yang indah dan banyak juga ditemukan banyak satwa bebek laut. Anda juga bisa berjalan – jalan dan menikmati sebuah desa tradisional yang memiliki suasana Unik.

Di Sebelah Barat Waigeo, Konfiau dan Batanta Anda dapat menikmati kegiatan menyelam, selain destinasi wisata diatas tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi lainya adalah rumah kapal houseboats dan pulau karang di kepulauan Wayag.

Let's Share This !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *